Di tahun 1940-an, sebuah gagasan pemasaran atau marketing 4p mulai diketahui tetapi sejak tahun 80-an, marketing ini mengalami peningkatan yang lebih mampu mengakomodir dunia pemasaran yang semakin berkembang. Sampai saat ini, marketing mix 7p masih dianggap relevan dan dianggap sebagai bagian integral dari setiap strategi pemasaran meski cara pemasaran global semakin berubah seiring munculnya inovasi dan teknologi.
Dunia tidak lagi mengenal cara pemasaran yang konvensional seiring dengan majunya teknologi dan inovasi. Seperti era digital yang semakin maju, mau tidak mau pebisnis juga harus meningkatkan permainan usaha mereka agar dapat bersaing. Tidak mengherankan kalau untuk tetap jadi yang terdepan dalam permainan pemasaran digital bisa jadi sulit, terutama di dunia dengan tren dan praktik yang terus berkembang.
Agar tetap relevan dan berkembang, penting bagi bisnis untuk menemukan struktur dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan evaluasi ulang strategi dan aktivitas bisnis mereka. Tentu saja setiap pebisnis mengetahui bahwa kampanye pemasaran yang solid tidak muncul begitu saja. Dibutuhkan banyak pengorganisasian, penyusunan strategi, dan banyak pertimbangan untuk membuat rencana yang benar-benar menambah nilai. Ini juga termasuk penerapan strategi pemasaran yang tepat seperti marketing mix 7P yang akan dijelaskan dengan mudah dan singkat dibawah ini.
Memahami Konsep dan Pengertian Marketing Mix
Campuran teknik pemasaran atau marketing mix adalah pondasi utama yang menjadi dasar sebagian besar strategi pemasaran dan aktivitas bisnis modern. Lalu apa yang dimaksud dengan marketing ini, komponen dan mengapa marketing ini sangat bisa diandalkan untuk pemasaran modern? Konsep marketing mix sendiri muncul pada 1960-an ketika Neil H. Borden, profesor dan akademisi, menguraikan konsep bauran pemasaran James Culliton.
Kemudian Culliton menggambarkan eksekutif bisnis sebagai pencampuran bahan dalam konteks pemasaran yang mana bahan-bahannya adalah concepts (konsep), aspects (aspek), dan procedures (prosedur) pemasaran yang berbeda. Dari sini Jerome McCarthy mendirikan konsep tersebut yang sekarang bisa lebih diterima secara luas. Karena bagaimanapun, McCarthy adalah sosok yang telah menawarkan bauran pemasaran seperti yang lebih dikenal sekarang dalam bentuk 4P Marketing yaitu Product (Produk), Place (Tempat), Price (Harga) dan Promotions (Promosi).
Teknik pemasaran 4P kemudian membuka jalan bagi dua akademisi modern, Booms dan Bitner. Pada tahun 1981, mereka membawa versi bauran pemasaran yang diperluas yaitu 7P. Adapun 7P sendiri terdiri dari 4 elemen asli McCarthy dan mencakup 3 faktor lebih lanjut seperti Bukti Fisik, Orang, serta Proses. Karena persyaratan pelanggan, pasar, dan produk berfluktuasi dengan cepat, penting untuk meninjau kembali formula 7P secara konsisten jika Anda ingin maju dari pesaing Anda dan berkembang.
Elemen Marketing Mix 7p dan Penjelasannya
Model pemasaran 7P adalah kerangka kerja yang dirancang untuk membantu bisnis membangun strategi pemasaran yang lengkap, dari awal hingga akhir. Secara teori, bisnis baru harus dapat menggunakan model 7P untuk merancang seluruh strategi pemasaran dari awal. Simak penjelasan setiap elemen dari teknik pemasaran ini sehingga Anda bisa mengimplementasikannya ke dalam bisnis Anda.
Product/Produk
Tak perlu dikatakan lagi bahwa layanan atau produk yang Anda jual harus menjadi pusat dari setiap elemen bauran pemasaran. Pada dasarnya, ini memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan kunci untuk konversi penjualan, seperti masalah apa yang dipecahkan produk untuk pelanggan dan mengapa produk Anda yang terbaik untuk mengatasinya. Campuran pemasaran digital sangat cocok untuk menampilkan produk Anda, misalnya melalui SEO, blog atau artikel, iklan berbayar, pemasaran influencer, dan kampanye video viral,dan lain-lain.
Price/Harga
Strategi di balik penetapan harga produk Anda harus didasarkan pada apa yang bersedia dibayar oleh pelanggan Anda, biaya seperti mark-up ritel dan manufaktur, serta pertimbangan lainnya. Metode marketing mix Anda dapat mencakup program diskon langganan dan keanggotaan, atau pemasaran email untuk promosi dan penjualan.
Promotion/Promosi
Sebuah strategi pemasaran yang sukses mencakup semua kegiatan promosi di seluruh campuran pemasaran, termasuk periklanan, pemasaran langsung, dan kegiatan promosi di dalam toko. Manfaatkan promosi digital yang menjadi pilihan banyak orang saat ini dan rancang strategi Anda dengan seksama serta lancarkan semuanya secara online. Trik ini termasuk acara online, obrolan, grup media sosial, dan streaming langsung.
Place/Tempat
Di mana dan bagaimana produk Anda ditampilkan dan dijual harus diinformasikan langsung ke pelanggan Anda. Pemahaman mendalam tentang pola pembelian dan menargetkan mereka pada tahap yang tepat dalam siklus pembelian mereka, akan membantu memperjelas di mana Anda harus mempromosikan serta menjual produk Anda. Faktor tempat ini harus sesuai dengan marketing mix yang Anda jalankan dan pastikan pemasaran online dan dunia nyata bisnis Anda juga cocok.
People/Pelanggan
Layanan pelanggan yang sangat baik tidak hanya mengubah penjualan, tetapi dapat meningkatkan basis pelanggan Anda. Seorang pelanggan yang puas akan memberikan referensi yang akan membantu bisnis ini. Dengan memperoleh referensi ini oleh orang-orang yang menyukai merek Anda juga dapat menjadi contoh yang bagus tentang bagaimana upaya pemasaran Anda dapat mendukung proses penjualan Anda.
Mengingat pelanggan adalah faktor penting yang membuat bisnis Anda berjalan, maka penting adanya dukungan seperti customer service yang dapat mewakili brand Anda dalam berurusan dengan pelanggan. Baik dukungan pelanggan dengan chatbot atau manusia, mereka haruslah profesional penjualan yang terlatih dengan pengetahuan mendalam tentang produk Anda dan bagaimana produk itu akan meningkatkan bantuan atau memecahkan masalah pelanggan Anda.Process/Proses
Ini adalah zaman dimana orang- orang yang berbelanja online ingin mendapatkan produk yang mereka beli dengan sesegera mungkin. Karenanya, proses pengiriman produk Anda ke konsumen harus dirancang untuk efisiensi dan keandalan maksimum, tetapi juga dapat mencakup fitur yang sejalan dengan merek Anda, seperti berfokus pada lingkungan atau berkelanjutan. Dengan meningkatnya belanja online, kemitraan digital dan logistik telah menjadi bagian penting dari marketing mix.
Physical Evidence/Bukti Fisik
Faktor terakhir adalah Anda harus mempertimbangkan semua hal yang dilihat, didengar, bahkan dicium oleh pelanggan Anda dalam kaitannya dengan produk Anda. Ini tentu saja termasuk pengemasan dan branding, tetapi juga harus memperhatikan cara produk ditampilkan di toko, di mana mereka ditempatkan, dan konteks di mana Anda meletakkan produk Anda dengan strategis, serta penempatan digital, termasuk di situs web dan media sosial Anda
Kesimpulan dan Penutup
Marketing mix bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja lengkap untuk model bisnis modern dan strategi pemasaran di seluruh perjalanan pelanggan. Meskipun ada banyak variasi bauran pemasaran, kerangka kerja yang paling umum terdiri dari tujuh elemen, yang secara kolektif dikenal sebagai 7P. Idenya adalah bahwa bisnis dapat mengadopsi prinsip 7P dan menggunakannya sebagai kerangka kerja tujuh langkah untuk membangun strategi pemasaran yang sukses yang mencakup setiap tahap proses pembelian.
Mengingat dunia pemasaran adalah disiplin yang terus berkembang dan dengan demikian dapat menjadi salah satu yang membuat perusahaan tertinggal jauh di belakang jika tidak ada strategi pemasaran yang tepat. Oleh karenanya tinjau kembali strategi pemasaran Anda dan lakukan penyesuaian dengan menggunakan marketing mix 7p yang lebih advance dengan kebutuhan pemasaran dunia saat ini.
No comments:
Post a Comment