Influencer telah menjadi bagian penting bagi merek dan pemasar di era serba online sekarang ini. Bahkan para pemasar digital siap menginvestasikan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk menjalankan kampanye pemasaran influencer yang sukses. Pemasar juga akan terus-menerus mencari influencer media sosial populer dan sesuai dengan niche atau industri mereka untuk diajak berkolaborasi.
Mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh bisnis Anda dari pemasaran influencer, ini dapat meningkatkan visibilitas merek Anda dan memperkuat image Anda. Selain itu, influencer memiliki kekuatan untuk menarik orang ke produk atau layanan Anda dan membentuk keputusan pembelian. Menggunakan jasa influencer juga dapat membantu brand kecil untuk membantu dikenali diantara jutaan brand lainnya.
Adapun kampanye pemasaran influencer yang efektif dapat melakukan banyak hal untuk merek Anda. Ini akan membantu mendorong keterlibatan, peluang konversi dan penjualan sehingga banyak brand mengandalkan jasa influencer terutama mereka jika mereka sedang meluncurkan produk/jasa baru. Terlepas dari semakin populernya influencer media sosial, pemasar sering merasa kesulitan untuk menemukan influencer yang tepat. Berkolaborasi dengan influencer yang tepat sangat penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran Anda.
Pentingnya Peranan Influencer Media Sosial Bagi Pemasar
Meskipun merupakan taktik pemasaran yang relatif baru, penelitian telah menunjukkan bahwa influencer media sosial dapat mendorong hasil yang berarti bagi merek. Bahkan dalam Survei Pemasaran Influencer Mediakix, ditemukan bahwa.
- 89% pemasar mengatakan ROI dari pemasaran influencer sebanding atau lebih baik daripada saluran pemasaran lainnya.
- 80% pemasar menganggap pemasaran influencer efektif.
- 71% pemasar mengatakan kualitas pelanggan dan lalu lintas dari pemasaran influencer lebih baik daripada sumber lain.
Peranan influencer sangat penting karena orang-orang lebih cenderung mempercayai pesan dan opini dari orang sungguhan daripada pesan dari saluran dari merek. Ini juga dikarenakan influencer lebih relevan dan lebih dekat dengan pengikutnya, mereka juga cenderung berinteraksi dengan para pengikutnya secara langsung. Maka dengan bekerja dengan influencer media sosial adalah pilihan yang kuat untuk membangun interaksi otentik dengan perusahaan.
Media Sosial atau Platform yang Umum Digunakan Oleh Influencer
Media sosial adalah platform yang digunakan oleh masyarakat global yang juga menjadi wadah bagi para influencer begitu juga brand. Disini mereka membangun brand dan image mereka serta mengumpulkan pengikut selain juga berbagi review, opini dan cerita. tahun 2019, MediaKix mencatat ada 5 saluran media sosial yang populer dan penting secara strategis untuk para pemasaran influencer :
- Instagram: 89%
- YouTube: 70%
- Facebook: 45%
- Blog: 44%
- Twitter: 33%
Data ini tentunya tidak bisa menjadi acuan karena setiap tahun selalu ada peningkatan yang signifikan. Namun bisa dilihat, bahwa Instagram dan YouTube ada dua pilihan teratas dengan banyak bermacam jenis niche influencer serta pengaruh besar mereka masing- masing.
Mengenal Tipe-Tipe Influencer
Sejatinya internet telah menjadi rumah bagi influencer, brand dan para pengguna lainnya. Faktanya sebuah studi menunjukkan bahwa ada lebih dari setengah juta influencer aktif di Instagram saja yang bisa membuat brand kecil kebingungan dalam memilih influencer yang tepat untuk kampanye mereka. Pilihan influencer bergantung pada audiens target Anda dan tujuan akhir campaign pemasaran Anda. Berikut beberapa tipe-tipe influencer yang bisa Anda pilih untuk membantu kampanye bisnis Anda.
Nano Influencer
Para influencer yang termasuk kategori ini memiliki pengikut dari 1K–10K di saluran media sosialnya. Influencer biasanya memiliki pengikut media sosial yang sangat terlibat dan tingkat keterlibatan yang besar. Nano influencer biasanya adalah pendukung yang sangat vokal dari merek dan produk yang disukai dan pengikutnya menghargai rekomendasi serta komentar dari influencer tersebut. Mereka yang tergolong nano influencer memiliki hubungan yang sangat dekat dengan pengikutnya dan meluangkan waktu untuk terlibat dengan pengikutnya untuk memupuk hubungan yang lebih akrab.
Micro Influencer
Jenis audiens influencer ini berkisar dari 1.000 hingga 100.000 pengikut. Namun, meskipun audiensnya mungkin lebih kecil, micro influencer lebih banyak berinvestasi pada influencer dan nichenya. Micro influencer dihormati karena keahliannya pada suatu topik yang cenderung tetap pada satu topik dan memanfaatkan pengetahuannya untuk membangun pendapat yang lebih kuat. Oleh karena itu, micro influencer jauh lebih efektif dalam mendorong tindakan yang dicari banyak bisnis untuk memenuhi tujuan pengaruh kampanye pemasaran.
Macro Influencer
Macro Influencer merupakan content creators dari beberapa jenis seperti Podcast, YouTube, Blogger, selebgram dan lain- lain. Biasanya influencer yang jatuh dalam kategori ini mempunyai pengikut yang tinggi dan mengikuti karir mereka sejak semula. Tipe influencer ini akan tepat ketika Anda memiliki anggaran besar, dan Anda ingin menyebarkan kesadaran merek. Tetapi pilihlah influencer dengan cermat berdasarkan siapa yang paling mewakili niche dan merek Anda.
Mega Influencer
Dengan lebih dari satu juta pengikut, mega influencer sangat terlihat di media sosial karena status selebriti mereka. Mega influencer sangat aktif di platform sosial tempat audiensnya menghabiskan waktu, dan menghasilkan banyak interaksi. Inilah yang membuat mega influencer menarik bagi merek yang ingin memanfaatkan pemasaran influencer dan ini yang membuatnya cukup mahal jika menggunakan jasa influencer ini.
Beauty Influencer
Influencer dalam kategori ini sangat terkenal dan telah menjadi unggulan dalam berapa tahun terakhir. Rata- rata beauty influencer memulai karir mereka jauh sebelum jenis influencer lain dan terus menjadi pilihan banyak brand kecantikan karena mereka adalah orang- orang yang sangat berpengaruh di bidangnya. Jika Anda adalah brand kecantikan, menggunakan jasa influencer di bidang kecantikan akan membantu penjualan dan membuat brand Anda lebih dikenali lebih luas lagi.
Aktor/aktris
Ketika berbicara tentang jenis influencer, hal yang tidak bisa dilupakan yaitu bintang film dan TV yang juga mempunyai pengaruh besar di dunia media sosial. Aktor/aktris adalah beberapa influencer paling populer di dunia yang biasanya memiliki jutaan pengikut dan sering menjadi duta merek untuk merek. Biaya untuk bermitra dengan influencer ini tinggi karena jangkauannya yang luas dan tingkat keterlibatan yang tinggi.
Selebriti dan Selebgram
Kompilasi berbagai jenis influencer media sosial tidak lengkap tanpa menyebutkan selebriti dan selebgram sebagai kategori yang muncul akibat kepopularitasan mereka di media sosial Instagram secara khususnya. Selebriti dan selebgram juga sering ditunjuk sebagai brand ambassador dan menjadi wajah kampanye bagi brand. Karena popularitas mereka yang luar biasa, selebriti juga memiliki jangkauan besar di platform media sosial, sayangnya jenis influencer yang satu ini lebih bersifat umum dan tidak berhubungan dengan niche tertentu. Bagi brand tertentu, ini bisa menjadi poin yang buruk bagi kampanye mereka jika mereka ingin menargetkan niche tertentu.
Kesimpulan dan Penutup
Brand yang beroperasi di dunia digital saat ini telah memahami bahwa sangat penting bagi mereka untuk bekerja sama dengan para influencer. Dengan adanya influencer dalam membantu kampanye Anda, akan membantu melayani tujuan tertentu dalam strategi media sosial Anda yang lebih luas. Bahkan, ini bisa menjadi strategi yang tepat bagi bisnis baru dalam menyebarkan brand awareness dengan lebih cepat.
Anda juga harus memastikan bahwa jenis influencer yang Anda pilih selaras dengan image merek Anda karena dengan berkolaborasi dengan influencer yang relevan dengan niche Anda dan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda. Pastikan Anda juga menggunakan jasa influencer yang sudah profesional dan mempunyai kredibilitas terpercaya agar brand serta kampanye Anda juga mendapatkan manfaat terbaik.
No comments:
Post a Comment