Zaman modern yang serba digital membuat munculnya banyak peluang dan profesi baru termasuk menjadi seorang influencer. Profesi yang serba online ini juga banyak mempengaruhi profesi lain termasuk bagaimana bisnis dan usaha saat ini beroperasi. Peran influencer dianggap penting dalam menjalankan sebuah bisnis/usaha karena mereka adalah orang- orang yang aktif berperan dalam menyebarkan brand awareness dan promosi sebuah brand.
Untuk merek yang ingin meningkatkan kepercayaan konsumen, pengenalan merek dan banyak manfaat lainnya, strategi pemasaran influencer yang ampuh bisa dicoba. Ini dikarenakan seorang influencer lebih dekat kepada target pasar dari sebuah brand sehingga pesan yang bisa disampaikan tidak hanya lebih tertarget, tapi juga relevan dan dekat dengan calon pelanggan secara langsung.
Efektivitas bantuan dari seorang influencer lebih terasa mengingat ada banyak berbagai brand di internet saat ini baik skala kecil maupun besar sehingga muncul persaingan. Karena kemunculan brand yang terlalu banyak ini membuat pelanggan menjadi skeptis dalam promosi secara langsung yang membuat permintaan akan strategi pemasaran digital baru yang inovatif terus meningkat. Sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik untuk saat ini, tidak mengherankan kalau influencer juga mempunyai peran penting dalam mengenalkan suatu brand dan produk.
Mengenal Apa Itu Influencer
Influencer adalah sebuah profesi dimana orang-orang telah membangun reputasi akan pengetahuan dan keahlian dalam bidang dan topik tertentu. Semua ini di dapat karena mereka membuat posting secara berkala tentang topik itu di saluran media sosial pilihannya dan menghasilkan banyak pengikut yang antusias serta terlibat yang memperhatikan pandangan mereka pada suatu topik/bidang yang mereka kuasai.
Karena influencer dengan jumlah pengikut mereka masing-masing lebih dekat dan relevan dalam berbagi hal dan pandangan, maka ini juga bisa menjadi jalan masuk bagi bisnis dan usaha dalam mengenalkan brand mereka dengan bantuan seorang influencer. Para pengusaha atau orang yang memiliki bisnis menyukai influencer karena dapat menciptakan tren dan mendorong pengikutnya untuk membeli produk yang dipromosikan. Influencer sebagai seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.
Memahami Peran Penting Influencer Dalam Pemasaran Bisnis/Usaha
Pemasaran influencer telah mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi strategi ini telah mengambil alih pemasaran digital yang bisa dikatakan pemasaran mouth to mouth dalam bentuk lebih canggih yakni menggunakan media sosial sebagai platform yang lebih luas. Pertumbuhan pemasaran influencer yang berkelanjutan telah terbukti bermanfaat bagi merek dan influencer secara bersamaan.
Jenis pemasaran ini merupakan jenis pemasaran yang melibatkan orang-orang berpengaruh yang mungkin memegang kendali atas pembeli potensial. Ini mungkin karena keahlian, popularitas atau reputasi baik influencer itu sendiri. Dalam sebagian besar kasus ini, selebriti dan selebgram sering dipilih sebagai titik referensi karena memiliki visibilitas dan jangkauan yang signifikan. Segmen lain yang juga tidak kalah populer diwakili oleh blogger karena blogger paling sukses memiliki banyak kekuatan atas pengikutnya karena dipandang lebih otentik dan dapat dipercaya daripada iklan tradisional.
Perusahaan semakin cenderung menggunakan selebgram dan blogger, sehingga terhindar dari keraguan atau skeptisisme saat menargetkan pesan pemasaran. Ini juga dikarenakan pemasaran bentuk ini dapat memenuhi kebutuhan pemberi pengaruh, dan bukan kebutuhan pelanggan. Tergantung pada niche atau gaya hidup, brand akan mencari orang berpengaruh yang sesuai dengan targetnya dengan tujuan membangun hubungan jangka panjang. Oleh karena pertimbangan hubungan ini, brand sebaiknya mencari influencer yang profesional dan mempunyai reputasi sosial yang baik.
Brand juga harus memahami bahwa influencer bukanlah selebriti melainkan bisa siapa saja yang membangun image dan niche mereka dari nol. Hal yang membuat mereka berpengaruh adalah pengikutnya yang besar di web dan media sosial yang akan mendengarkan opini dan cerita mereka. Adapun pengikut dari seorang influencer itu beragam namun mereka dapat mengembangkan reputasi sebagai ahli di aceh atau bidangnya yang membuat mereka dapat memberikan jawaban atau masukan tergantung pada nichenya masing- masing.
Manfaat Menggunakan Jasa Influencer Bagi Pemasaran Bisnis/Usaha
Setiap bisnis dan usaha pasti telah mempunyai target pemasaran mereka sendiri dan mempunyai upaya pemasaran untuk itu. Tetapi dengan bergesernya prefer sind an cara hidup masyarakat global membuat brand juga harus mengikuti kemajuan ini. Salah satunya adalah menggunakan jasa influencer dalam pemasaran mereka. Berikut beberapa manfaat yang bisa di dapatkan oleh sebuah brand jika menggunakan jasa influencer dalam membantu pemasaran yang lebih tertarget.
Membantu Meningkatkan Kesadaran Merek
Bantuan dari influencer dapat memperluas jangkauan dan posisi Anda di pasar karena pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda, cerita Anda dan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kontribusi yang dibuat oleh influencer dalam menumbuhkan kesadaran merek Anda adalah salah satu manfaat paling menonjol dari pemasaran media sosial. Selain itu, bermitra dengan influencer yang mampu menampilkan image yang baik bagi brand Anda.
Menjangkau Target Audiens dan Mendorong Keputusan Pembelian
Intinya dari menggunakan jasa influencer yang menyebutkan merek Anda di media sosial adalah untuk mendorong penjualan karena konsumen mencari influencer untuk saran tentang produk atau layanan apa yang harus mereka beli. Dikarenakan media sosial telah menjadi lebih menonjol dan bagian dalam keseharian setiap orang, demikian juga potensinya untuk menjangkau audiens target Anda. Jika merek Anda ingin meningkatkan penjualan, bantuan influencer dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan Anda secara cepat dan substansial.
Memberikan Visibilitas serta Jangkauan yang Luas
Adanya influencer akan membantu merek bermanuver melalui banyak kendala yang dihadapi media pemasaran lain di zaman sekarang ini. Dengan adopsi pemblokir iklan dan ketidaksukaan umum orang terhadap iklan, membuat pemasaran melalui influencer dapat menawarkan cara bagi bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen dengan cara yang tidak mengganggu. Pemasar dapat membuat kampanye influencer yang sangat efektif yang menjangkau jutaan konsumen dengan bermitra dengan influencer yang tepat dan ideal untuk kampanye pemasaran.
Membantu Merek Dalam Membangun Kepercayaan dan Otoritas
Ideologi di balik dukungan influencer cukup sederhana. Ketika seorang selebriti, tokoh media sosial, atau pakar industri berbagi konten tentang suatu merek di media sosial, maka itu menciptakan rasa kredibilitas bagi merek yang mereka promosikan. Pada dasarnya, jika sebuah bisnis dapat membuat individu dengan otoritas industri untuk memperhatikan dan mengenali mereknya, hal itu menumbuhkan persepsi bahwa merek tersebut adalah perusahaan yang dapat dipercaya dan pemimpin industri, berdasarkan sentimen dan dukungan dari pemberi pengaruh. Ini merupakan faktor penting karena membangun kepercayaan dan otoritas sangat penting dalam lanskap bisnis saat ini.
Membantu Mendorong Konversi
Influencer memiliki kemampuan alami untuk mengarahkan pengikut mereka ke arah produk atau layanan dari brand yang sedang mereka promosikan. Konsumen semakin mempercayai influencer untuk mendapatkan rekomendasi tentang produk atau layanan apa yang harus mereka coba. Tidak mengherankan kalau hampir 50% konsumen saat ini bergantung pada rekomendasi influencer, dan akhirnya melakukan pembelian setelah melihat influencer yang mereka ikuti di berbagai platform media sosial.
Kesimpulan dan Penutup
Dalam pemasaran yang serba online saat ini, brand harus lebih cepat memahami dan mengikuti trend agar tidak tertinggal. Menggunakan jasa influencer adalah opsi yang sangat bagus karena Anda dapat menjangkau target dan calon pelanggan Anda lebih cepat serta secara direct. Bisnis dan usaha tidak lagi memasarkan produk mereka secara buta lalu berharap calon pelanggan akan menemukan mereka di antara jutaan bisnis yang ada di dunia saat ini.
Berkolaborasi dengan influencer dapat membantu menciptakan rasa penasaran akan brand Anda di dunia online yang tanpa batas ini. Selain itu, bantuan influencer dapat memperkuat reputasi merek Anda, meningkatkan keterlibatan audiens, dan meningkatkan konversi. Sudah saatnya pemasar dan pemilik bisnis menyadari pentingnya pemasaran influencer dan menggunakannya untuk keuntungan mereka. Alih-alih bertanya mengapa pemasaran influencer itu penting, pemasar harus fokus pada bagaimana memilih influencer yang tepat dalam mewakili industri mereka.
No comments:
Post a Comment